TopBottom

Berlangganan Artikel

Facebook Twitter Google Buzz Digg Yahoo! Bookmarks Google Bookmarks Technorati

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

13.49 WIB, Gerhana Matahari Sambangi Medan

Posted by Tiar Bahtiar at Jumat, 15 Januari 2010
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan memperkirakan gerhana matahari cincin akan terlihat di Medan, Sumatera Utara, Jumat ini sekira pukul 13.49 WIB.

"Puncak gerhana matahari cincin ini akan terjadi pada pukul 15.21 WIB, dan kemudian akan berakhir pada pukul 16:38 WIB," jelas peneliti di Bidang Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Buha M Simanjuntak, Jumat (15/1/2010).

Lebih lanjut Buha mengatakan, gerhana matahari cincin tersebut hanya merupakan efek dari rotasi planet. Gerhana itu terjadi karena bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga menutup cahaya matahari ke bumi.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak melihat gerhana tersebut secara langsung. Karena akan berbahaya bagi kesehatan mata, bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Sebaiknya, masyarakat menggunakan alat tertentu seperti kacamata untuk melihat terjadinya gerhana matahari cincin tersebut.

Sementara itu, menurut Buha lagi, cuaca mendung yang menyelimuti Kota Medan dan sekitarnya sejak tadi pagi, sama sekali tidak ada kaitannya dengan gerhana matahari cincin. Hal tersebut murni karena pengaruh cuaca saja.

Share
Share/Save/Bookmark

Artikel Menarik:



Label:

1 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l:
Posting Komentar

Posting Komentar

Semakin banyak anda berkomentar, semakin banyak backlink yang anda dapatkan dan tentu saja Search Engine akan semakin cinta terhadap blog anda.